Rabu, 26 Agustus 2009

PENGERTIAN TEKNIK SIMULASI

Pengertian Simulasi Teknik untuk menggambarkan dan mempelajari perilaku sebuah sistem dengan bantuan suatu : Kegunaan Simulasi :

model dari sistem tersebut. Menganalisa respon dari sebuah sistem atas variasinya input-input (kedalam sistem) Contoh : - Pengaruh peningkatan suhu terhadap kecepatan kimia - Pengaruh jumlah pintu tol terhadap panjang antrian mobil

Masalah sistem sangat komplek tidak terstruktur sehingga sulit diselesaikan secara analitik. Biaya sangat mahal apabila digunakan sistem aslinya (dalam percobaan) Berbahaya bila digunakan “sistem aslinya” (dalam percobaan) Resiko Masalah Optimal kadang sulit diperoleh hasil optimal mutlak untuk memperoleh angka mendekati mutlak Waktu percobaan mungkin sangat panjang bila digunakan sistem aslinya.

Sistem yang dianalisa antara lain - Komponen atau subsistem - Interaksi antara elemen/sub sistem Model dari sistem Komputer (optional)

Sekumpulan elemen-elemen yang saling behubungan dan berinteraksi untuk melaksanakan tujuan khusus. Sekumpulan elemen yang saling terkait dan terorganisir untuk mencapai tujuan (Manetsch dan Park 1977). Suatu himpunan unsur-unsur yang berkaitan satu sama lain yang berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu himpunan unsur-unsurr yang berhubungan dan berinteraksi satu sama lain lebih jauh, perilaku sistem menuju suatu tujuan tertentu.

Contoh :

1. Mesin (elemen),Tenaga kerja (elemen), Bahan baku (elemen)

Mesin+Tenaga kerja+bahan baku=Sistem produksi

2. CPU(elemen), Monitor(elemen), Keyboard(elemen) CPU+Monitor+Keyboard = Sistem Komputer

Elemen dari sistem :

Contoh : Sistem produksi mencakup ( material, tenaga kerja, manajemen dan sumber dana ) sebagai input. Inputinput ini diproses atau ditransformasikan menjadi produksi yang dijual oleorganisasi. Sistem ini mempunyai tujuan mencapai kapasitas produksi, efisien dan kualitas produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar